Tips Berolahraga Saat Berpuasa Tanpa Menguras Tenaga

Saat puasa, tubuh tetap perlu dijaga kebugarannya. Satu-satunya cara adalah dengan berolahraga. Kidnesia punya beberapa info untuk tetap bugar tanpa rasa lapar.
Yoga, pilihan olahraga baik saat puasa. Foto: Reuters
1. Puasa adalah waktu yang tepat untuk membersihkan diri dari racun-racun yang ada dalam tubuh. Istilahnya: detoksifikasi. Olahraga saat puasa pun mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening.
2. Kidnesia menyarankan olahraga yang ringan saat puasa. Bukan olahraga yang memancing tubuh berkeringat. Contoh olahraga ringan: jalan-jalan, yoga, atau pilates. Olahraga konsentrasi dan kelenturan seperti yoga dan pilates baik untuk melatih keseimbangan dan stimulasi organ dalam tubuh Anda
3. Setiap berolahraga, selalu ingat untuk melakukan peregangan dan nafas dengan teratur. Jangan pernah menyepelekan kekuatan pemulih tenaga dari tarikan nafas yang dalam dan sungguh-sungguh.
4. Jika Anda sudah memutuskan akan melakukan olahraga saat puasa, ingat asupan kalori Anda. Pada saat sahur dan berbuka, makanlah makanan berkarbohidrat kompleks, juga tinggi protein, dan lemak.
5. Berolahragalah di pagi hari saat baru bangun tidur. Lakukan lagi di jam makan siang. Hal ini membantu Anda berkonsentrasi lebih pada tubuh bagian luar. Bukan rasa lapar dari tubuh bagian dalam.
6. Atur latihan teratur setelah selesai berpuasa. Ingat, olahraga membantu penyerapan nutrisi dan memicu endorfin yang bisa membuat Anda merasa lebih baik.
7. Selalu konsultasikan rencana olahraga dengan dokter Anda sebelum memasuki bulan puasa.