Tips Hindari Penurunan Daya Ingat


Berpikir positiflah, terutama jika anda ingin mepertahankan daya ingat yang bagus seiring dengan bertambahnya usia. Itulah saran dari ilmuwan di North Carolina State University yang menemukan bahwa mengharapkan adanya penurunan daya ingat seiring dengan usia dapat menjadi ramalah yang akan terjadi pada diri sendiri.
Pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Aging Research, mereka menemukan bahwa orang-orang dewasa yang tidak percaya pada stereotip negatif bahwa penurunan daya ingat adalah peristiwa alamiah pada usia tua, melakukan tes ingatan dengan baik dibanding dengan orang-orang dewasa lainnya.
"Orang-orang dewasa akan melakukan tes ingatan dengan kurang baik jika mereka diberitahu bahwa rekan-rekannya yang lain juga melakukan tes ingatan yang sama dengan kurang baik," demikian yang dinyatakan oleh Dr Tom Hess, dokter yang mengepalai penelitian.
Dr. Hess dan timnya melakukan tes daya ingat pada orang dewasa usia 60 sampai 70 tahun dan usia 71 sampai 82. Sebagai tambahan mereka melakukan tes dengan kurang baik jika mereka percaya dengan stereotip negatif tentang usia dan ingatan, para orang tua juga melakukan tes dengan buruk jika mereka mereka mempunyai stigma buruk karena usia mereka.
"Beberapa situasi dari pengalaman orang dewasa sehari-hari, seperti mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka di tempat kerja bisa berperngaruh pada kemampuan mereka, dan hal demikian berpotensi menguatkan stereotip negatif itu," Jelas Dr. Hess.
Menurut para peneliti, efek negatif sangat kuat berpengaruh pada orang-orang dewasa dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
Tapi disisi plusnya, jika para orang tua memiliki pandangan positif terhadap usia, daya ingat mereka jauh lebih tinggi.
"Pesan yang dapat diambil adalah faktor sosial memiliki kemungkinan berpengaruh negatif pada daya ingat orang dewasa," ia menambahkan.