4 HAL YANG MEMBUAT PASANGAN TINGGAL DI RUMAH MERTUA

img

Memiliki rumah sendiri setelah menikah bisa jadi impian setiap calon pengantin, khususnya calon pengantin wanita. Dengan tinggal di rumah sendiri, Anda dapat mengaturnya sesuka hati, belajar mandiri dan yang paling penting adalah menyesuaikan diri dengan suami.

Namun tidak semua pengantin yang bisa mengambil pilihan itu. Inilah beberapa penyebab klasik para pengantin muda harus tinggal bersama mertua:

1. Pasangan adalah anak tunggal, anak terakhir atau tinggal satu-satunya yang belum menikah.
Bagi calon pengantin yang akan menikah dengan seseorang yang berstatus di atas, pertimbangkan sebelumnya seberapa besar kemungkinan Anda harus tinggal di rumah mertua.
Dengan kondisi tersebut, calon pasangan Anda pastilah tidak tega untuk meninggalkan ibunya tinggal seorang diri, terutama jika ayahnya sudah meninggal.

2. Kondisi keuangan belum memungkinkan
Tidak semua pasangan beruntung langsung memiliki rumah sendiri setelah melangsungkan pernikahan. Terlebih lagi, jika setelah menikah, langsung dikaruniai putra atau putri yang nantinya harus dijaga oleh pengasuh atau baby sitter karena Anda dan suami bekerja.

Dengan segala pengeluaran tersebut, kondisi keuangan pun belum memungkinkan untuk membeli rumah. Kalaupun mampu, pilihan rumahnya cukup jauh dari tempat bekerja dan sangat sederhana. Akhirnya, rumah mertua pun jadi pilihan terakhir.

3. Tidak ada yang menjaga si kecil
Tugas orang tua tidak berhenti sampai anaknya menikah. Sekarang problem cucu tidak ada yang menjaga pun harus siap-siap ia tanggung. Banyaknya kasus pembantu atau baby sitter bermasalah tentunya membuat para ibu khawatir kalau harus meninggalkan anaknya pada pembantu atau baby sitter yang notabene tidak sedarah.

4. Kondisi mertua yang tidak memungkinkan untuk tinggal sendiri
Kesehatannya yang sudah menurun, riwayat kesehatannya yang pernah mengalami stroke atau serangan jantung dan tidak memiliki kekuatan finansial lagi untuk hidup sendiri menjadi alasan mengapa mertua harus tinggal bersama Anda dan pasangan baik itu di rumahnya sendiri atau di rumah Anda