Awas! Karir Tersendat Karena Memikirkan Berat Badan

img Setiap wanita pasti ingin memiliki berat badan ideal. Tapi berhati-hatilah pada obsesi itu, karena bisa berdampak buruk pada kemajuan karir.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Dove, hampir seperenam dari 445 responden wanita mengaku kurang percaya diri dengan bentuk tubuh mereka. Hal ini berdampak pada kehidupan kerja mereka.

Hampir setengahnya mengaku merasa kurang mampu bekerja akibat perasaan cemas yang berlebihan. Sedangkan 15 persen responden mengatakan, tidak nyaman atas penampilan mereka. Akibatnya karir mereka terhambat. Hasil lainnya menunjukkan bahwa satu dari lima responden mengaku bentuk tubuh mereka mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Linda Papadopoulos, seorang psikolog, menanggapi hasil penelitian tersebut. Dia mengatakan, tidak mengherankan ketika seseorang cemas akan sesuatu, berat badan bisa meningkat atau sebaliknya. Masalah tersebut menjadi dominan mempengaruhi pikiran kita.

"Ketika wanita sibuk memikirkan penampilan, mereka menjadikan diri mereka sendiri sebagai orang ketiga. Wanita juga mulai berpikir apa yang pria dan wanita lihat dari dirinya," papar Linda.

Sehingga wanita yang terlalu memikirkan berat badannya, berdampak pada psikologisnya. Mereka menjadi tidak percaya diri dan hal ini berpengaruh besar saat bekerja. Bekerja menjadi tidak fokus.

Hal ini bisa jadi karena diskriminasi wanita yang memiliki bertubuh besar. Mereka sering mendapatkan perlakuan yang kurang baik.

Profesor di Universitas Michigan, Edward Norton, yang memimpin penelitian di Amerika Serikat tahun 2009 prihatin dengan penilaian orang terhadap berat tubuh seseorang.

"Ada sesuatu yang salah dalam masyarakat. Tampaknya mereka menghukum wanita dengan kelebihan berat badan."