Ruangan Kedap Ngorok Kini Hadir di Hotel

img Liburan Anda terganggu karena suara dengkur pasangan? Kini sebuah hotel di Inggris memperkenalkan ruangan hotel khusus yang menyerap bunyi dengkur.

Adalah hotel jaringan Crowne Plaza yang memulai uji coba ini. Tom Rowntree, juru bicara Crowne Plaza mengatakan, "Tidak ada yang lebih buruk daripada tidak bisa tidur karena dengkuran pasangan. Karena itu kita merancang ruangan yang bisa menyerap bunyi dengkur agar tidur lebih nyaman."

Mendengkur memang menjadi salah satu masalah yang cukup penting terutama untuk suami-istri di Inggris. Dikutip Times, setidaknya lebih dari setengah pasangan di Inggris kehilangan waktu tidur 1-5 jam karena terganggu suara dengkur pasangan.

Riset lain yang mengejutkan adalah, 3 dari 10 pasangan yang bercerai di Inggris menyatakan suara dengkuran pasangan yang mengganggu menjadi salah satu penyebab perpisahan mereka. Berkaitan dengan liburan di hotel, 50% pasangan di Inggris mengaku bunyi dengkuran pasangan bisa mengganggu suasana liburan.

Berangkat dari masalah-masalah tersebut, Hotel Crowne memberikan solusi dengan menguji coba ruangan yang bisa menyerap bunyi dengkur. Setidaknya 9 hotel di jaringan Crowne Plaza sepanjang Eropa dan Timur Tengah berpartisipasi dalam uji coba ini.

Ada beberapa teknologi yang digunakan untuk ruangan kedap dengkur ini. Secara umum, teknologinya digunakan untuk menyerap bunyi dengkur, membelokkan gelombang suara, dan meminimalisir terjadinya dengkuran.

Dinding pada kamar kedap dengkur ini menggunakan teknologi khusus yang bisa mengurangi suara dengkur bergema di ruangan. Kepala tempat tidur yang digunakan juga dirancang untuk mengurangi suara dengkur yang mengganggu tidur.

Tempat tidur di ruangan ini juga didesain agar tamu bisa tidur dengan posisi yang akan meminimalisir timbulnya dengkuran. Bantal yang disediakan, menggunakan magnet neodymium langka untuk menciptakan medan magnet alami, sehingga bisa mengurangi dengkuran. Terakhir, mesin yang bisa meredam suara dengkur pun tersedia di kamar tersebut.

Jika semua hal itu belum cukup dan ada tamu yang dengkurannya menganggu kamar lain, hotel ini juga menyediakan monitor dengkur. Monitor ini akan memberi peringatan kepada staf hotel jika ada dengkuran yang bisa mengganggu tamu lain. Staf tersebut kemudian akan membangunkan dan menegur sang tamu. Jika tidak berhasil, maka ia harus pindah ke zona khusus yang tidak mengganggu tamu lainnya.

Uji coba ini akan berlangsung sampai akhir Juli 2011. Jika berhasil, jaringan hotel Crowne Plaza yang ada di negara lain atau jaringan hotel lainnya kemungkinan akan mengadopsi hal yang sama.