Berat Badan Ideal Saat Berpuasa

Bulan Ramadhan sudah datang. Untuk menyambutnya, umat musim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Selain untuk tujuan ibadah, puasa juga diyakini dapat menyehatkan tubuh orang yang melaksanakannya.
Melaksanakan ibadah puasa tentu akan lebih berarti bila dilakukan oleh tubuh yang sehat dan bugar daripada oleh tubuh yang lemas. Tahukah Anda bahwa kenyataannya, berpuasa adalah kesempatan emas untuk memegang kendali lemak yang menumpuk di tubuh? Berikut cara mengendalikannya:
Saat Sahur









Konsumsi makanan yang kaya serat sebanyak mungkin, misalnya sayur-sayuran. Tidak ketinggalan juga, konsumsi sumber protein rendah lemak yang disajikan dengan persiapan yang rendah lemak/tepung/gula. Tambahkan mengonsumsi dua genggam kacang tanah sangrai di akhir sahur dan lengkapi dengan multivitamin.
Setengah Jam Sebelum Berbuka
Lakukan aerobik dengan intensitas sedang. Usahakan hingga mencapai intensitas 2 denyut nadi per detik dan pertahankan setidaknya sampai 20 menit terakhir. Gunakan 10 menit pertama untuk pemanasan. Jangan takut kehabisan energi! Selama masih memiliki lemak untuk dibakar, kita tidak akan kehabisan energi. Ingatlah bahwa lemak merupakan cadangan energi berlebih dari makanan yang kita konsumsi selama ini.
Saat Berbuka
Konsumsi buah kurma secukupnya. Setelah shalat maghrib, barulah lanjutkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks (nasi merah / gandum / ubi merah / havermut), protein (dada ayam, daging, ikan,tempe, susu), dan serat.
Sesudah Tarawih
Lakukan aktivitas latihan beban selama 30-40 menit. Sesuaikan beban angkat dengan kemampuan fisik. Untuk pemanasan, lakukan 15 kali pengulangan. Untuk latihan inti, lakukan dengan beban terberat yang bisa dicapai, maksimal 8-12 kali pengulangan.
Sesudah Latihan
Konsumsi 2-3 sendok makan madu atau beberapa butir kurma. Tambahkan suplemen protein bila diperlukan.
Sebelum Tidur
Konsumsi lagi makanan seperti saat berbuka