Pantau Pemudik, Pospam Gunakan CCTV

RISKY/RADAR BEKASI SIAP DIOPERASIKAN : Untuk upaya keselamatan para pemudik yang hendak melalui jalur kereta api, di Stasiun Bekasi tersedia tiga pos mudik Lebaran yang akan siap dioperasikan pada hari ini, yaitu dua pos keamanan Polisi dan pos kesehatan.
CIKARANG- Terkait Chenkpoin arus mudik yang ditempatkan di Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi, Kapolresta Bekasi Kombes Wahyu Hadiningrat menegaskan bahwa posko tersebut sudah siap digunakan untuk para pemudik.
Sementara itu, kabar akan ditempatkan sejumlah Closet Circuit Television (CCTV), termasuk di pospam Check Point ini, Priyo mengaku belum mengetahuinya. “Coba nanti saya koordinasi dengan Polda mengenai CCTV di check point Kedung Waringin. Saya malah belum tahu informasi tersebut,” jelasnya.
“Waktu hari Minggu check point tersebut masih terus dilakukan pengerjaan, namun intinya pospam check point tersebut siap digunakan oleh jajaran Polresta Bekasi dan juga para pemudik yang ingin memanfaatkan fasilitas yang terdapat di dalam Check Point tersebut nantinya,” tambahnya.
Meski demikian dia menegaskan, pihaknya siap menjalankan pengamanan arus mudik Lebaran tahun 2011 ini dengan mengantiasipasi adanya kejahatan di jalan. “Kami akan terjun ke lapangan untuk memantau langsung pemudik sepeda motor yang melintas di Kabupaten Bekasi. Itu juga untuk melihat keksiapan para anggota di setiap pospam Lebaran, untuk mengantiasipasi gangguan keamanan,” paparnya
Terpisah, koordinator Trafic Managemen Center (TMC), Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya Komisaris Iwan Saktiadi kepada wartawan menegaskan, pihaknya akan memasang ratusan kamera Closet Circuit Television (CCTV), di semua perlintasan jalur mudik termasuk di wilayah Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi.




CCTV tersebut digunakan untuk memantau para pemudik yang menggunakan sepeda motor, yang melintasi jalur mudik, termasuk yang melalui Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan mengarah ke Karawang. “Kita siapkan 304 CCTV, namun disebar diseluruh lintasan jalur mudik,” ujarnya.
Sebagian CCTV tersebut akan dipasang di pos pengamanan untuk menjaga pengemudi motor yang akan melintas, untuk meminimalisir pemudik sepeda motor yang melakukan pelanggaran. Dengan CCTV ini maka para pemudik sepeda motor yang melakukan pelanggaran bisa lebih mudah terdeteksi.
“Di pos itu nantinya akan dilakukan pemeriksaan surat-surat dan kapasitas penumpang. Personel diwajibkan melakukan penindakan. Sehingga, tidak hanya di check poin saja tapi mulai dari awal perjalanan diminta sudah dilakukan penindakan,” paparnya dan menegaskan semua anggota di lapangan harus tegas bila melihat ada pelanggaran, dalam pelaksanaan pengamanan jalur mudik. (jie)


sumber:http://www.radar-bekasi.com/?p=12471