Kaki Dioperasi Terbalik Agar Sembuh dari Kanker

img
Dugan Smith (dok. youtube/foxnews)
Ohio, Demi menyelamatkan nyawa dari kanker tulang di paha yang mengganas, seorang bocah di Ohio Amerika harus dioperasi terbalik kakinya. Paha sampai lututnya harus dipotong, lalu betis kaki naik menjadi paha dan pergelangan kaki menjadi lutut dengan telapak kaki yang harus menghadap ke belakang bukan ke depan.

Jika melihat kondisi kakinya sekarang, mungkin banyak orang mengira dokter bedah telah melakukan mal praktik karena kakinya dioperasi secara terbalik dengan pergelangan dan telapak kaki kanan menghadap ke belakang.

Namun hal tersebut bukanlah mal praktik atau kecelakaan medis kesalahan dokter. Itu adalah sebuah 'jembatan' agar Dugan Smith (13 tahun) terbebas dari kanker dan memungkinkan menyelamatkan sebagian besar kakinya.

Kaki kanan Dugan yang baru sekarang tingginya hanya sebatas lutut. Lalu karena menghadap ke belakang, telapak kakinya bisa ditekuk sehingga memudahkan memakai kaki palsu atau alat bantu berupa prosthetic.

Kejadian ini bermula saat Dugan berusia 10 tahun yang terjatuh dari pohon dan mengalami patah tulang pohon. Namun saat menjalani pengobatan, dokter malah menemukan tumor ganas berukuran sebesar bola softball dipahanya.

Dia didiagnosis dengan osteosarkoma, jenis kanker tulang yang sangat jarang terjadi pada anak-anak. Mau tidak mau, kaki Dugan harus diamputasi. Namun dokter memberikan pilihan operasi kaki terbalik bila ingin menyelamatkan sebagian besar kakinya.

"Satu-satunya cara terbaik yaitu dengan membiarkan kakinya berada di belakang," jelas Amy Miller, ibunda Dugan, seperti dilansir Dailymail, Senin (15/8/2011).

Operasi ini melibatkan pemotongan bagian atas dan bawah lutut untuk menghilangkan kanker, sebelum membalik dan memasang kembali bagian bawah kakinya.

Sekarang, betis Dugan adalah pahanya, sendi pergelangan kaki bertindak sebagai lutut dan pergelangan kaki palsu melakukan tugas sisanya.

Dan lebih penting lagi, selain terbebas dari kaki, dengan kaki terbalik Dugan masih bisa bermain bisbol seperti sedia kala.