SAYURAN DAN BUAH MENCEGAH SEMBELIT SAAT PUASA


serba
Selain mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar (BAB) saat puasa, masyarakat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

“Terkadang, masyarakat lupa kalau sudah berbuka puasa, sayuran dan buah-buahan sering terlupakan. Padahal, makan sayuran dan buahan justeru lebih sehat dan mencegah sembelit dan melancarkan BAB,”kata Ketua Jaringan Kesehatan Masyarakat, dr.Delyuzar,kemarin. Delyuzar menuturkan, makanan yang sehat adalah makanan yang seimbang. Paling tidak memenuhi 15-20% protein, sisanya mengandung karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.“ Boleh setiap hari makan ikan atau daging,tapi lebih baik kalau setiap hari makanannya bervariasi dan memperbanyak makan sayuran,”tuturnya.

Hal yang sama dikatakan dr. Umar Zein. Selain dianjurkan makan makanan yang mengandung karbohidrat (makanan yang manis-manis) seperti, gula dan buah-buahan, masyarakat juga dianjurkan memperbanyak mengonsumsi sayuran. “Makanan yang manis akan mengganti energi yang sudah terkuras saat puasa. Apalagi gula dan buah-buahan yang mengandung glukosa, sehingga dianjurkan makan yang manis- manis,”ujarnya. Biasanya,orang yang mengalami sembelit dan susah BAB karena kekurangan cairan dan kekurangan serat.

“Kalau sudah susah BAB selama puasa bisa tidak sehat dengan pencernaannya, jadi resah ketika beraktivitas. Jadi diajurkan banyak-banyaklah memakan sayuran. Selain itu,saat berbuka makan sekedarnya saja, setelah Maghrib baru makan lagi,”paparnya.